Rakan...

Jangan Lupa Bagi Makan...:) Syukran

Selasa, 15 November 2011

KCB :Ketika Cinta Bertasbih

Assalamualaikum…

         Kali ini ingin membicarakan mengenai salah sebuah novel yang menjadi kegemaranku. Namun, perkenalan ini bukanlah asalnya daripada novel kerana aku mengenalinya setelah novel tersebut difilemkan, maklumlah penulis novelnya bukan berasal dari Malaysia tetapi dari Indonesia. Sebelum ini, penulis novel tersebut berjaya menghasilkan sebuah novel yang tampaknya amat popular bukan sahaja di sana, bahkan di Malaysia. Novel tersebut ialah ‘Ayat-Ayat Cinta’ yang  turut berjaya difilemkan dan menjadi novel ‘best seller’


       Keistimewaan karya-karya penulis bernama Habiburrahman El Shirazy atau lebih dikenali sebagai Kang Abik ini dilihat dapat membawa remaja ke arah membimbing dan memberi kesedaran dalam melibatkan unsur-unsur percintaan, kasih sayang, pengorbanan, dan sebagainya yang nyata penuh dengan unsur islami. Kalau dilihat dari sudut pelajaran yang aku kini sedang pelajari, penggunaan Teori Takmilah, iaitu satu-satunya teori Islam dalam kesusasteraan Melayu dilihat dapat digunakan untuk mengkaji novel-novel sebegini biarpun asalnya dari Indonesia. 




          Tujuan penulisan ini hanyalah untuk berkongsi minatku kepada semua. Untuk pengetahuan, KCB ini telah difilemkan, iaitu KCB Movie 1 dan sambungannya KCB Movie 2. Jika sebelum ini tidak kenal akan novel atau filem ini, bolehlah menontonnya di mana? Sekarang ini, cari punya cari, sudah ada hamba Allah yang muat turun dalam You Tube 'full movie'. Jadi, tak perlulah aku bercerita panjang lagi…He3… Selamat menonton…
KCB Movie 1:



KCB Movie 2:

Teraju Utama dalam filem dan sinetron KCB

Sambungan:
        Memandangkan sambutannya yang begitu memberangsangkan terhadap movie KCB ini, penulis meneruskan usahanya dalam pembikinan drama atau sinetron Indonesia melalui Ketika Cinta Bertasbih The Series: Spesial Ramadan. Sinetron KCB ini merupakan sambungan daripada KCB Movie 1 dan 2, iaitu sebanyak 56 episod. Dalam KCB Spesial Ramadan ini, diperkenalkan watak-watak baru yang menggerakkan jalan cerita supaya menjadi lebih menarik.

Sinopsis Sinetron Ketika Cinta Bertasbih RCTI Spesial Ramadan


Pesantren Daarul Qur`an yang terletak di desa Wangen, Polanharjo, Klaten adalah pesantren terbesar di Jawa Tengah bagian selatan. Pesantren itu diasuh oleh ulama kharismatik yaitu Kyai Luthfi Hakim.
Suatu waktu Kyai Luthfi Hakim harus menunaikan nadzarnya, tinggal di samping Masjidil Haram setengah tahun lamanya. Maka amanah mengasuh pesantren jatuh ke pundak menantu dan putrinya yaitu Azzam (Cholidi Asadil Alam) dan Anna Althafunnisa (Oki Setiana Dewi). Di sinilah kisah sinetron KETIKA CINTA BERTASBIH spesial Ramadhan ini dimulai.
Di awal mengasuh pesantren, Azzam dan Anna menghadapi masalah tidak dari orang lain, justru dari diri mereka berdua sendiri. Sudah tujuh bulan menikah, Anna belum juga mendapat tanda-tanda akan memiliki anak. Hasil pemeriksaan medis divonis mengidap Endometriosis, suatu penyakit yang dikenal menjadi salah satu penyebab kemandulan.
Anna menjadi sangat cemas kalau Azzam menikah lagi, karena dia sangat kecil kemungkinannya bisa memberikan keturunan untuk Azzam. Anna yang biasanya panjang berpikir menjadi sangat sensitif.
Dalam suasana seperti itu pesantren dititipi seorang remaja putri pecandu narkoba bernama Aprilia (Tsania Marwa), putri sepasang konglomerat. Aprilia diterima setelah Azzam dan Anna mengadakan musyawarah dengan pengurus pesantren, walaupun awalnya Azzam enggan untuk menerimanya.
Keberadaan Aprilia benar-benar membuat kekacauan di pesantren. Kelakuannya yang tidak mengenal sopan-santun sangat mengganggu ketenangan pesantren. Bahkan rumah tangga Azzam dan Anna nyaris terancam pecah karena ulah Aprilia.
Anna yang sensitif langsung dibakar cemburu. Anna semakin merasa tidak bisa memaafkan Azzam ketika Aprilia menjelaskan kalau dirinya memang diperdaya oleh Azzam, karena Azzam ingin mendapatkan anak dari Aprilia akibat dari penyakit yang diderita Anna. Anna kehilangan kepercayaan kepada Azzam, karena penyakit tersebut adalah rahasianya dengan Azzam.
Keadaan semakin kritis ketika Eliana dan pamannya datang meminta Azzam mencarikan tempat yang cocok untuk syuting video klip. Azzam membantu Eliana mencarikan tempat dengan membawa Eliana ke salah satu sisi terindah dari pinggir Waduk
Cengklik, Colomadu, Solo. Itu adalah tempat yang sangat romantis yang sepi, yang biasa menjadi tempat beristirahat Azzam dan Anna. Anna semakin dibakar rasa cemburu. Bahkan Anna sempat menganggap bahwa Azzam lebih buruk dari Furqan suami terdahulunya.
Keadaan pesantren semakin diuji ketika salah seorang santri dicabut dari pesantren, sehingga hal itu menciptakan sejarah buruk bagi Pesantren Daarul Qur`an. Karena sejak pesantren didirikan sampai saat itu belum pernah ada wali santri yang menarik anaknya karena tidak sepakat dengan kebijakan pesantren apalagi tidak percaya kepada pesantren. Berbagai peristiwa datang silih berganti mewarnai kehidupan di Pesantren Daarul Qur’an.
Bagaimanakah Azzam dan Anna menyelesaikan masalah internal mereka, apalagi setelah kehadiran Aprilia, Eliana, dan Qanita? Bagaimana juga Azzam menjaga adik-adik perempuannya dan menjaga bisnisnya? Dan Akankah Azzam dan Anna berhasil menjaga keutuhan dan kewibawaan pesantren Daarul Qur`an sebagai pusat ilmu dan pusat penyejuk jiwa masyarakat? Ataukah sebaliknya di tangan Azzam pesantren justru menjadi pusat masalah bagi masyarakat?



Promo: KCB Spesial Ramadan
Untuk Sinetron ini, bagi menontonnya bolehlah cari dalam You Tube tapi banyak 'part' ler..huhu. Sinetron ini pernah disiarkan di Astro Bintang 141 bagi pek Indo. Aku takdalah melanggan pun saluran Astro di rumah dan tiada kesempatan untuk menontonnya melalui kaca televisyen. Oleh itu, aku muat turun daripada laman web yang ada hamba Allah ingin kongsikan. Jadi, dapatlah juga aku menonton sinetron kegemaran ini. :) *Untuk ketahui lebih lanjut, tanyalah pak cik Google... 


Tidak cukup di situ, KCB ini terus disambung siarannya melalui KCB Meraih Ridho Ilahi. Kali ini juga turut diperkenalkan watak-watak yang baru. Kali ini hanya memaparkan sebanyak 25 episod, namun jalan ceritanya tetap menarik dan penuh dugaan yang baru dalam kehidupan watak-watak. 
Sinopsis Sinetron Ketika Cinta Bertasbih RCTI Meraih Ridho Illahi 

Husna mengajar di kelas, tiba-tiba merasakan nyeri di dada yang hebat yang akhirnya membuat dia ambruk dan pingsan di kelas. Pesantren geger. Husna dilarikan ke RS Solo.Dari hasil pemeriksaan laborat, CT Scan jantung dan Chateteri Jantung didapatkan diagnosa penyempitan arteria jantung kanan dan kiri lebih dari 80 %. Pihak RS angkat tangan, dan memberikan rujukan ke Jakarta.
Di hari yang sama desa Wangen juga geger, Haji Samingan minggat meninggalkan rumah. Ia meninggalkan sepucuk surat pada isterinya bahwa ia pergi merantau untuk mencari uang demi menutup hutang-hutangnya. Haji Samingan pergi bersama Parmin. Bu Romlah datang ke pesantren dengan menangis, Azzam dan Mujab menyabarkan Bu Romlah dan meminta Bu Romlah tenang saja sebab Haji Samingan sudah bukan anak-anak lagi.
Azzam membawa Husna ke Jakarta, ternyata biaya pengobatan Husna sangat mahal. Dan karena rasa cinta dan sayangnya pada adiknya Azzam siap mengorbankan segala harta yang dia punya demi adiknya. Azzam kembali ke Solo untuk membawa Anna ikut serta. Di Jakarta Azzam sementara ngontrak.
Untuk sementara rencana pernikahan Husna dengan Ilyas tertunda. Ilyas harus bersabar menunggu kesembuhan Husna. Ayah dan ibu Ilyas juga meminta Ilyas untuk sabar menunggu kesembuhan Husna.
Azzam mengontrak rumah di pinggir kota Jakarta. Azzam dan Anna memulai bisnis bakso cinta di Jakarta. Husna masih harus dirawat di RS. Tak jauh dari tempat mereka mengontrak ada sebuah pesantren di pinggir ibu kota yang bernama pesantren Al Halimiyyah, mengalami kemunduran dan sedang sekarat menuju kematian. Bahkan, kini tanah pesantren terancam akan disita untuk oleh bank untuk menutup hutang-hutang pesantren dan pemimpin pesantren. Pemimpin Pesantrennya, Pak Sarju yang sudah putus asa mempertahankan pesantren. Yang menyedihkan pesantren itu akan di sita bank, dan ada orang yang siap membelinya untuk dibuat mall.
Pak Sarju memiliki tiga anak yang masih kecil, dan istrinya sedang sakit parah karena mengidap kanker ganas. Hutang-hutang pesantren menumpuk karena digunakan oleh Pak Sarju untuk mengusahakan pengobatan istrinya tersebut. Baik pengobatan medis maupun pengobatan paranormal. Di sinilah Pak Sarju banyak tertipu.
Salah seorang pengurus pesantren bernama Jamal, datang menemui Azzam minta bantuan. Ternyata Jamal dahulu pernah belajar di Daarul Qur'an, Wangen. Jamal meminta sebaiknya pesantren itu diambil alih oleh Azzam saja. Jamal merasa sangat "eman-eman" kalau sampai pesantren itu dijual Pak Sarju dan akhirnya dijadikan mall. Jamal mengatakan sesungguhnya pesantren itu sangat strategis untuk dijadikan pesantren mahasiswa. Sebenarnya Jamal sudah memberi masukan kepada Pak Sarju tapi Pak Sarju tidak mau mendengarkan masukannya, termasuk kegemarannya mendatangi paranormal.
Azzam bingung antara menyelamatkan pesantren, membiayai Husna, dan mengembangkan bisnisnya. Setelah musyawarah dengan Anna dan Mujab, Azzam tergerak untuk menghidupkan pesantren itu kembali, meskipun ia benar-benar harus memutar otak karena jumlah finansial yang ia punya tidak mencukupi untuk itu semua.
Azzam ke Jakarta, dan mendapat keterangan dari banyak orang di sekitar pesantren ternyata memang Pak Sarju sudah agak parah "cacatnya" dan kurang dipercaya masyarakat. Dan sebenarnya Pak Sarju bukanlah anak pendiri pesantren itu. Pendiri pesantren itu adalah Kyai Halim almarhum, hanya memiliki satu anak laki-laki tapi tidak bisa ilmu agama dan sudah lama tidak menyentuh pesantren itu. Pak Sarju adalah cucu orang yang mewakafkan tanah di mana pesantren itu didirikan. Masalahnya sertifikatnya belum menjadi sertifikat wakaf masih hak pribadi orang tua Pak Sarju. Dan Pak Sarju ingin menjualnya, masyarakat sudah mengingatkan Pak Sarju tetapi Pak Sarju tidak mau mendengarkannya. Dan sebenarnya masyarakat tidak kurang olehnya membantu, tetapi semuanya seakan sia-sia. Karena uluran tangan masyarakat selalu dilarikan ke paranormal/dukun. Seorang tokoh masyarakat menyarankan kalau memang bisa dibeli tanah dan pesantren itu oleh Azzam akan sangat baik. Masyarakat sebenarnya sudah rindu suasana pesantren seperti dulu hidup lagi.
Setelah berhadapan dengan urusan cukup pelik, akhirnya pesantren itu dijual kepada Azzam. Masalahnya justru ada pada Azzam, menjelang hari H pembayaran jumlah financial Azzam baru sepersepuluhnya dari harga yang disepakati. Untuk itu Azzam harus mencari pinjaman, dan Furqan bisa meminjami uang kepada Azzam tetapi masih kurang. Jamal mengenalkan Azzam dengan Cahyani, seorang mahasiswi aktivis. Dan Cahyani membantu mencarikan dana untuk Azzam, sehingga Azzam bisa membeli pesantren itu.
Azzam akhirnya merasa harus total menghidupkan pesantren di pinggir Jakarta itu sekaligus membuka bisnis di ibu kota. Azzam memutuskan membawa Anna ke ibu kota, Daarul Qur'an sementara dipegang oleh Mujab.
Ternyata Azzam mendapat tantangan yang tidak ringan, terutama ia direcoki Pak Handoko dan orang-orangnya yang sangat tidak suka kepada Azzam yang membuat Pak Handoko gagal membuat Mall.
Azzam pelan-pelan berhasil menghidupkan pesantren. Azzam mengganti nama pesantren itu yang asalnya bernama Al Halimiyyah menjadi Pesantren Daarul Hikmah. Jamal mempromosikan siapa Azzam dan Anna sehingga mendapat tempat di hati masyarakat. Azzam menjadikan pesantren itu sebagai pesantren mahasiswa yang sering mengadakan tema-tema kajian yang diminati anak muda. Masjid pesantren itu juga mulai makmur kembali. Di antara orang yang mendukung Azzam adalah Pak Syawal, orangnya suka asal ngomong dan asal nyeplos, cenderung lucu, tetapi hatinya baik.
Meskipun demikian tantangan dan gangguan terus datang silih berganti. Dengan kesabaran dan ketelatenan Azzam bisa mengatasi masalah demi masalah yang menderanya. Termasuk masalah yang ditimbulkan oleh Haji Samingan yang terdampar tak jauh dari tempat Azzam tinggal. Juga masalah keguguran kandungan Anna.
Pesantren yang ditangani Azzam semakin harum namanya. Yang jadi santri tidak hanya kalangan menengah ke bawah bahkan ada kalangan menengah ke atas. Salah seorang santriwati yang aktif jadi santri dan pengurus bernama Dewi dan dia diam-diam jatuh hati pada Ilyas yang mengajar di pesantren mahasiswa.
Husna sendiri tahu diri, ia memberikan kebebasan sepenuhnya kepada Ilyas, apakah mau menunggunya sembuh ataukah mau menikah dengan gadis lain. Adapun Azzam meminta kepada Ilyas agar berkenan menunggu Husna sembuh bahkan menguatkan Husna.
Ketika Ilyas pergi, Husna tahu. Husna jatuh sakit jantungnya kambuh. Seorang dokter muda yang selama ini menangani Husna yaitu Dokter Fajar Irawan menolong Husna di saat kritis. Dia membawa Husna ke Singapura. Dokter Fajar diam-diam jatuh hati pada Husna. Dokter muda itulah yang membantu penyelamatan nyawa Husna dengan dirawat di Singapura.
Saat Husna harus di rawat ke Singapura, Ilyas mendapat panggilan dari kampusnya di India. Akhirnya Ilyas ke India. Itu membuat Husna sedikit kecewa, sebab saat ia sehat kembali Ilyas justru ada di India.
Setelah cukup sehat Husna kembali aktif berkegiatan dan bahkan dia membidani lahirnya radio JPMI di Jakarta. Husna juga kembali menerbitkan karya. Lewat Azzam, Husna menanyakan kepada Ilyas apakah bisa segera pulang. Ilyas menjawab tidak bisa saat itu. Kalau menikah saat itu maka Husna yang harus ke India. Azzam tidak mengijinkan, ia khawatir dengan kesehatan Husna.
Masalah muncul ketika tiba-tiba saat Husna siaran ia didatangi perempuan muda bernama Astrid yang mendamprat Husna. Perempuan itu mengaku sepupu Fajar dan pacar lama Fajar. Ia baru pulang dari Prancis. Husna tidak pernah meladeni Astrid. Yang gemes justru orang lain seperti Cahyani. Tetapi Astrid terus mengganggu Husna.
Di Solo, Lia dilamar oleh Ronal. Lia menyampaikan kepada Azzam. Azzam sebenarnya setuju, tetapi Husna keberatan. Husna merasa Lia bisa mendapatkan yang lebih baik dari Ronal. Azzam meminta pendapat Mujab sebagai orang yang membimbing Ronal. Mujab menyampaikan rekomendasinya. Husna tetap keberatan karena Ronal pernah menghamili gadis lain. Lia sendiri bisa menerima keadaan Ronal, tetapi Azzam meminta agar Lia bersabar sampai Husna bisa lebih lega, Husna perlu dijaga perasaannya agar penyakitnya tidak kambuh.
Di saat seperti itu Qanita meninggal dunia, sehingga Furqan jadi duda lagi. Azzam dan Anna mencoba menjodohkan Furqan dengan Cahyani. Anna tahu diam-diam gadis itu suka pada Furqan. Akan tetapi orang tua Cahyani tidak menyetujuinya karena mereka inginnya Cahyani menikah dengan anak seorang teman baik mereka, yaitu Dokter Fajar.
Rumah tangga Azzam tidak sepi dari masalah. Kali ini masalah timbul lagi justru ketika Anna diminta jadi dosen tamu di sebuah perguruan tinggi dan Azzam mengijinkan. Di antara mahasiswa Anna ada yang baru masuk bernama Agung, dan dia jatuh hati pada Anna sampai Agung sakit. Bagaimanakah kisah selanjutnya, saksikan di sinetron KCB Edisi Spesial.




Promo: KCB Meraih Ridho Ilahi

Setelah dua musim sinetron KCB ini dilihat dapat membawa gelombangnya tersendiri, pada tahun 2011 pula, iaitu tahun ini, sinetron KCB ini diteruskan sambungannya melalui KCB Dari Sujud Ke Sujud (DSKS). DSKS ini rentetan daripada sinetron KCB Meraih Ridho Ilahi. Ternyata, jalan ceritanya terus berkembang dengan watak-watak yang baru. DSKS ini sekarang sedang bersiaran di saluran Astro Binatang 141 sebanyak 35 episod. Jadi, aku sendiri pun tidak berpeluang lagi untuk menontonnya, yang ada cuma dalam You Tube.  huhu..

Sinopsis Dari Sujud Ke Sujud:
Pesantren Daarul Qur'an kedatangan wanita cantik yang berwajah pucat ketakutan. Ia adalah SHOFIA yang mengadukan permasalahannya pada AZZAM dan ANNA, karena ia telah dinikahkan dengan SYAMSUN NIAM tanpa sepengetahuannya. Shofia merasa dizalimi, Akad nikah telah dilangsungkan tanpa persetujuan darinya. Ia menolak akad nikah itu. Ia tidak suka dengan Niam. Shofia meminta perlindungan pada pesantren dan ingin tinggal di sana.

Sementara itu, kehidupan pernikahan ust. ILYAS dan HUSNA mengalami cobaan. Kondisi Husna masih sedikit lemah karena penyakit jantungnya. Walaupun itu tidak menghentikannya untuk terus berkarya. Keuangan mereka pun semakin menipis. Saat didera kegalauan, ust. Ilyas menolong dr. VIVI yang terkapar dan terluka di jalan raya. Dr. Vivi memohon agar ust. Ilyas tidak memberitahukan keluarganya, karena ia sangat malu akan kenyataab bahwa ia telah dinodai oleh NIKO, yang tidak lain adalah pacar Shofia. Ilyas tidak bisa menceritakan pengalamannya kepada Husna, dengan berat hati ia pun mencoba tetap memegang amanat dr. Vivi. Sikap ust. Ilyas membuat Husna tidak percaya diri, ia merasa dirinya tidak bisa membahagiakan Ilyas.
Sementara itu, Azzam dan Anna pun memiliki permasalahan sendiri. Mereka yang harusnya akan segera menimang anak harus mengalami kenyataan pahit, karena anak pertama mereka meninggal tidak lama setelah dilahirkan. Walaupun kecewa, Anna dan Azzam berusaha tegar dan menerima cobaan itu dengan lapang hati. Mereka tetap ingin menjadi suri tauladan di lingkungan pesantren.
Bagaimanakah kelanjutan kisah kehidupan di Pesantren Daarul Qur'an ?
Apakah kehadiran Shofia dan dr. Vivi di lingkungan pesantren akan membawa permasalahan besar bagi ketenangan Pesantren Daarul Qur'an.
Promo Dari Sujud Ke Sujud

Watak-watak:







2 ulasan:

  1. msti hantu cerita ni neh..huu..:) sy pernah layan novel KCB1..movie KCB2 n KCB Meraih Redho Ilahi..thumb up!

    BalasPadam
  2. mmg citer ni best... yg spesial Ramadan xtgk lgi ker?

    BalasPadam